Kamis, 18 Februari 2010

Selanjutnya tentang Depth of Field, Tabel DoF

Pada posting sebelumnya sudah dibahas mengenai Depth of Field (DoF) dan pengaplikasiannya. Mungkin ada beberapa rekan yang akan mendapati posting kali ini sangat teknis dan agak useless. Memang agak terlalu teknis, tapi saya yakin topik ini sangat berguna untuk memahami kinerja kamera+lensa yang kita gunakan dan bisa menjadi salah satu acuan untuk tahap persiapan dari sebuah sesi foto.

Seperti dijelaskan sebelumnya, DoF dipengaruhi oleh paling tidak 4 faktor yaitu: Aperture, Focal Length, Jarak Objek, dan Ukuran Sensor. Bagaimana korelasi 4 faktor ini mempengaruhi DoF, anda bisa menggunakan tabel Depth of Field. Salah satunya, bisa anda buka dari link berikut ini http://www.dofmaster.com/doftable.html.

Silahkan anda masukkan nilai Focal Length, kemudian jenis kamera (alias ukuran sensor), unit satuan (feet atau meter), kemudian klik calculate.

Pada kolom paling kiri akan ditampilkan jarak objek. Pada bagian baris atas ditampilkan Aperture, berikut kolom "Near" dan "Far". "Near" artinya adalah jarak terdekat yang masih terlihat cukup tajam. Sedangkan "Far" adalah jarak terjauh dari objek terlihat cukup tajam. Area di antara "Near" dan "Far" inilah yang digunakan untuk menangkap citra dengan detil, sementara diluar itu akan menjadi blur.

Sebagai contoh, kita gunakan focal length: 50mm, jenis kamera: D90, units: meters, klik calculate. Semisal kita menggunakan f/2.8, dan objek berjarak 4 meter, maka "Near" adalah 3,67m dan "Far" adalah 4,39m. Ini berarti objek , berikut dengan 33 cm didepannya (3,67 ~ 4), sampai 39 cm dibelakangnya (4 ~ 4,39), akan terlihat tajam.

Selamat mencoba, salam belajar dan berbagi

Wahyu, http://dzcapture.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar